Keyword

http://addurl.nu mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Cara Membangun / Menginstall Wordpress di Server Linux

2/13/2019
الســــلام علـيـــكم ورحمـــة الـلّــه وبــركــاتـــه
Cara Membangun / Menginstall Wordpress di Server Linux

Hallo Sahabat Cara Ini Itu, kali ini kita akan buat tutorial Cara Install Wordpress di Linux Server dengan tanpa Domain. Kenapa tanpa domain ?

Sebenarnya untuk memasang domain pada server linux sangat mudah, yang sulit adalah konfigurasi si server itu sendiri ke berbagai platform seperti wordpress ini. Nanti akan saya bahas di tutorial lainnya untuk memasang domain pada server linux dari nol, namun kali ini kita akan berikan tutorial singkat Cara Install Wordpress di Linux Server dengan Tanpa Domain.

Saya akan coba jelaskan secara singkat saja, untuk lebih detailnya silahkan googling ya :D

Setiap server mempunyai user, setiap user memiliki akses yang berbeda-beda, dan setiap user mempunyai grup dimana setiap grup dan user mempunyai hak aksesnya masing-masing. Saya tidak akan jelaskan lebih lanjut karna akan panjang pembahasannya, namun hanya untuk lebih tau sebelum mengikuti tutorial Cara Install Wordpress di Linux Server ini.

Sebelum kita install Wordpress, silahkan baca terlebih dahulu
Cara Install Wordpress di Linux Server  untuk membangun Website dan juga Cara Konfigurasi Apache & Nginx pada Linux Server agar website kalian bisa di akses oleh publik. Karena tutorial ini kelanjutan dari artikel sebelumnya ada baiknya kita siapkan dan konfigurasi terlebih dahulu Mysql nya, guna Database Wordpress itu sendiri nantinya. Silahkan masuk ke Mysql dengan perintah-perintah dibawah ini

01 | # mysql -u root -p

setelah itu masukan perintah dibawah ini untuk membuat user biasa untuk wordpress.

02 | MariaDB [(none)]> CREATE USER 'namauseranda'@'localhost' IDENTIFIED BY 'masukanpasswordanda';

namauseranda = Silahkan masukan nama user baru Mysql anda. User ini bukan untuk user admin login wordpress.

masukanpasswordanda = Silahkan Masukan Password Mysql dari user tersebut. Password ini bukan password login anda ke Wordpress atau bukan juga password root anda

Setelah membuat akun dan password Mysql, selanjunya membuat database dengan perintah berikut :

03 | MariaDB [(none)]> CREATE DATABASE nama_database_anda;

nama_database_anda = adalah nama database yang akan digunakan untuk menampung database wordoress anda, ingat nama database tidak boleh menggunakan spasi !

Kemudian, berikan semua pengguna untuk mengakses database anda dengan perintah dibawha ini, yang termasuk pengguna disini ialah www:data, root, dan user-user yang telah anda buat.

04 | MariaDB [(none)]> GRANT ALL PRIVILEGES ON nama_database_anda.* TO 'namauseranda'@'localhost' IDENTIFIED BY 'masukanpasswordanda';

Untuk meng-Apply  dan tahap terakhir dalam konfigurasi Mysql untuk membangun website di server Linux, kita membuang Hak Istimewa kita (Sebagai Pejantan Tangguh :D haha(root)) dan keluar dengan perintah dibawah ini

05 | MariaDB [(none)]> FLUSH PRIVILEGES;
06 | MariaDB [(none)]> exit;

Untuk Mencocokan, Silahkan Lihat Gambar dibawah ini :

Cara Membangun / Menginstall Wordpress di Server Linux

Setelah itu baru kita download dan install serta konfigurasi wordpressnya dengan perintah-perintah berikut :

sebelumnya kita install PHP dan Modulesnya dulu agar Wordpress bisa berjalan dengan lancar dengan perintah berikut

07 | # apt-get install php7.0 php7.0-mysql libapache2-mod-php7.0 php7.0-cli php7.0-cgi php7.0-gd

Kemudian kita Download dan Konfigurasi Penginstallan Wordpressnya dengan perintah-perintah dibawah ini

Download Wordpdress

08 | # wget -c http://wordpress.org/latest.tar.gz

Extrak file lates.tar.gz dengan perintah

09 | # tar -xzvf latest.tar.gz

Setelah di Extrak, maka akan muncul folder baru bernama wordpdress, pindahkan folder tersebut ke lokasi Root Default Apache (Yaitu ==> /var/www/html), Umumnya Default Root Apache berada di /var/www/html, apabila berbeda tinggal disesuaikan saja.

10 | # rsync -av wordpress/* /var/www/html/

/var/www/html/ = Adalah Root Default Apache, bila Default Root Apache kalian telah diubah silahkan untuk disesuaikan.

Selanjutnya, Mengatur Izin ke Direktori Folder Situs dengan memberikan kepemilikan file Wordpress ke server web dengan perintah berikut


11 | # chown -R www-data:www-data /var/www/html/
12 | # chmod -R 755 /var/www/html/


Setelah itu silahkan buka IP Publik server untuk mengakses Wordpress yang baru di konfigurasi. Apabila telah mengikuti langkah-langkah di atas, maka hasilnya akan seperti ini.

Cara Membangun / Menginstall Wordpress di Server Linux

13 | Selanjutnya Pilih Bahasa, dan Pilih Continue, maka akan tampil peringatan untuk segera menyiapkan

  • User Database (User Mysql = namauseranda)
  • Nama Database ( = nama_database_anda )
  • Password Database (Password dari User Mysql yang dibuat tadi = masukanpasswordanda)
  • dan Host
Seperti Gambar dibawah ini :

Cara Membangun / Menginstall Wordpress di Server Linux

14 | Setelah itu Pilih Let's go!

15 | Maka Akan tampil Form untuk mengkonfigurasi Wordpress ke Server, atau Menghubungkan Wordpress ke Server yang telah kita konfigurasi sebelumnya, maka masukan data yang telah kita buat sebelumnya

Cara Membangun / Menginstall Wordpress di Server Linux

Untuk Tabel Prefix biarkan saja seperti itu, atau bisa juga di isi dengan sesuka hati sobat, tabel prefix ini berfungsi untuk memberi awalan 'wp_' pada setiap tabel atau field database yang nantinya akan secara otomatis dibuat wordpress. Jika semuanya dirasa sudah sesuai, silahkan pilih tombol Submit.

Maka akan muncul permberitahuan seperti ini untuk memberikan informasi bahwa data yang anda masukan benar dan sesuai, lalu pilih Run the istallation.

Cara Membangun / Menginstall Wordpress di Server Linux

16 | Selanjutnya anda akan diminta untuk melakukan setting awal pada Wordpress anda seperti Judul Website, Username, Password, Email dll seperti Gambar dibawah ini.

Cara Membangun / Menginstall Wordpress di Server Linux

Keterangan :
  • Site Title : Judul Blog/Website Anda
  • Username : Username yang anda buat untuk Login ke Wordpress nantinya, Username ini usahakan berbeda dengan Username yang sebelumnya telah dibuat (= namauseranda)
  • Password : Password untuk masuk ke wordpress sobat nantinya, password ini usahakan berbeda dengan password yang telah dibuat sebelumnya (= masukanpasswordanda )
  • Your Email : Silahkan masukan Email Anda, jika anda mengaktifkan Mail Server, maka ini akan berfungsi untuk mengirim tautan ketika anda Lupa Password saat Login.
  • Search Engine Visibility : Jika anda centang, maka Search Engine seperti Google, Bing, atau perayap lainnya akan mengindex situs sobat yang artinya situs sobat akan tampil dipencarian Google/Bing/Yahoo/dll.
17 | Setelah itu silahkan pilih Install Wordpress, maka jika telah selsai akan tampil seperti berikut

Cara Membangun / Menginstall Wordpress di Server Linux

Jika tampil seperti itu tandanya Wordpress anda telah selesai, lalu pilih login untuk masuk ke dashboard anda.

Demikianlah tutorial Cara Membangun / Menginstall Wordpress di Server Linux

Bila Ingin Copas, Harap Sertakan Sumber ! Jika Ada Pertanyaan silahkan Inbok ke Kesini DMCA.com Protection Status
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Google+